Hello sobat logam. Musim hujan nih, jangan lupa bawa jas hujan atau payung yaa dan jaga kesehatan dengan makan makanan yang sehat serta istirahat yang cukup. Have a great day!. Ada nggak sobat logam di sini yang wilayah tempat tinggalnya terdapat saluran irigasi?. Kali ini mimin ingin mengajak sobat logam bahas tentang pentingnya saluran irigasi untuk pertanian. Let’s read the article below.

Di Indonesia pertanian dan perkebunan merupakan sumber untuk memenuhi kebutuhan pangan utama bagi masyarakat. Salah satu faktor berhasil meningkatnya komoditas pertanian dan perkebunan adalah irigasi. Irigasi sangat berperan penting dalam kehidupan manusia khususnya di bidang pertanian atau perkebunan.

Pentingnya Saluran Irigasi Untuk Pertanian

Irigasi merupakan pengaturan atau pembagian air yang di alirkan menurut sistem tertentu ke sawah maupun lahan pertanian lainnya. Tidak adanya ketersediaan air akan berakibat buruk bagi industri pertanian dan perkebunan. Hal ini di karenakan baik buruknya hasil pertanian dan perkebunan juga bergantung pada ketersediaan air.

Pengairan atau irigasi memiliki beberapa jenis berdasarkan tingkat teknisnya seperti irigasi setengah teknis, irigasi teknis, dan irigasi sederhana. Irigasi setengah teknis memiliki bangunan yang permanen atau semi permanen. Biasanya irigasi jenis ini mampu mengairi lahan hingga mencapai 2000 hektar.

Kemudian irigasi sederhana, irigasi ini tidak mampu mengatur atau mengukur debit air karena tidak memiliki bangunan ukur atau pintu air. Irigasi sederhana hanya mampu digunakan sampai 500 hektar saja. Yang terakhir yakni irigasi teknis. Irigasi teknis memiliki bangunan yang permanen dan mampu mengatur/mengukur debit air karena dilengkapi dengan pintu air.

Pembangunan irigasi merupakan salah satu usaha untuk mendatangkan air dari sumbernya untuk area pertanian. Jika persediaan air melimpah karena tempatnya yang dekat dengan sungai atau sumber mata air, maka irigasi di lakukan dengan mengalirkan air tersebut ke lahan pertanian. Namun diperlukan pengaturan dalam pengairan agar keluar masuknya air bisa terkontrol dengan baik.

Pengontrolan air dapat di lakukan dengan menggunakan bantuan alat pendukung irigasi yaitu pintu air. Pintu air berfungsi untuk mengatur keluar masuknya air. Selain itu, pintu air irigasi digunakan untuk membendung sumber air dan digunakan untuk menyimpan air pada musim hujan dan saat air sungai mengalir dengan cukup deras atau melebihi kebutuhan. Hal tersebut bertujuan sebagai kebutuhan irigasi dengan mempermudah pengairan lahan perkebunan dan pertanian.

Komponen pendukung irigasi seperti Pintu air dapat sobat logam temukan di Rajapintuair.com. Kami menyediakan layanan free custom bagi sobat logam yang menginginkan pintu air dengan spesifikasi tertentu. Kualitas produk Rajapintuair.com sangat premium dan terjamin mutunya karena melewati proses uji Quality Control yang sangat ketat, jadi sobat logam tidak perlu khawatir.

For more detail informations, please call us by telephone or email. Atau sobat logam bisa langsung ke workshop kami. See you!

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

Telp : (0272) 551 480 Phone : 0813 9300 6025

Email : marketing@rajapintuair.com